Cara Partisi hardisk Di ubuntu??

Cara Partisi hardisk Di ubuntu??,  Sebelum saya merinci tentang bagaimana cara partisi atau membagi hardisk di OS (operating sistem di ubuntu), ada harus mengerti tentang NTFS dan Xt2, dll. karena ini merupakan hal yang paling utama dalam pembagaian hardisk di os ubuntu,

disini akan di jelaskan bagaimana cara membagi hardisk di ubuntu dengan tool gparted, simak di bawah ini :

Gparted atau Gnome Partition Editor merupakan software yang berjalan di atas Linux yang digunakan untuk membuat, menghapus, mengubah ukuran, memindahkan, mengecek, menyalin, dan memformat partisi pada hardisk. Ini misalnya digunakan setelah membeli hardisk baru dan ingin membaginya menjadi beberapa partisi atau membuat partisi baru setelah mengecilkan ukuran partisi-partisi yang sudah ada. File system yang didukung oleh GParted dapat dikatakan cukup lengkap, dari  yang umum dikenal di Linux seperi ext2, ext3, jfs, atau reiserfs sampai yang biasa dikenal di Windows seperti fat, fat32, dan NTFS.

Selain dapat diinstall atau memang sudah tersedia pada berbagai distro Linux, GParted dapat juga dijalankan melalui CD atau media USB flashdisk dimana di situ linux dijalankan secara instan. Kemudahan penggunaan GParted melalui media CD atau USB flashdisk adalah ketidaktergantungan pada sistem operasi yang sudah terinstall pada hardisk termasuk hardisk yang hanya terinstall Windows.

Cara menjalankan GParted yang mudah adalah melalui media CD.  Download file .iso GParted versi terbaru, kemudian burning ke CD. Selanjutnya lakukan booting komputer menggunakan CD tersebut. Ketika proses booting diminta memilih opsi tertentu, umumnya cukup dengan memilih [Enter] untuk menggunakan opsi default-nya, hingga tampilan linux dan GParted yang dijalankan sudah keluar.

Di sini akan ditampilkan daftar partisi yang sudah ada. Dengan klik kanan pada suatu partisi, Anda akan dapat memilih operasi yang akan dilakukan misalnya untuk memformat atau mengubah ukurannya (resize), dan pada unalocated space, Anda dapat membuat partisi baru dan memformatnya dengan filesystem yang diinginkan.

Cara penggunaan agar dapat menjalankan Gparted melalui media USB flash drive, PXE server atau pada hardisk, sudah disediakan pula panduannya pada website GParted.

Sumber disini