Entity Relationship Diagram (ERD) Basis Data

Kalau kita belajar Sistem Informasi manajemen, Pasti menemukan yang namanya Entity Relationship Diagram atau sering disebut dengan ERD. tapi permasalahan yang dialamai banyak dari teman-teman sering mendengar istilah ERD ataupun basis data namun tidak faham apa yang dimaksut dengan ERD atau Entity Relationship Diagram. hemm kali ini kita akan mengulas sedikit tentang hal tersebut. let’s Rock………….>>!!!!!

Pengertian Entity Relationship Diagram ERD
Entity-Relationship Model (ERM) merupakan abstrak dan konseptual representasi data. Entity-Relationship adalah salah satu metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagram, ER diagram, atau ERD.

dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bawha, ERD merupakan Skema tentang database yang fungsinya untuk mempermudah dalam penyusunan database dan memahami alur dari database tsb.

APA NOTASI ERD ???
Ada sejumlah konvensi mengenai Notasi ERD. Notasi klasik sering digunakan untuk model konseptual. Berbagai notasi lain juga digunakan untuk menggambarkan secara logis dan fisik dari suatu basis data, salah satunya adalah IDEF1X.
Model ERD

Model ERD

Pengertian dari notasi-notasi diaatas adalah:
Entitas, Adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999). Ada dua macam entitas yaitu entitas kuat dan entitas lemah. Entitas kuat merupakan entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lainnya. Contohnya entitas anggota. Sedangkan entitas lemah merupakan entitas yang kemunculannya tergantung pada keberadaaan entitas lain dalam suatu relasi.

Atribut, Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah.

Relasi atau Hubungan, Relasi menunjukkan adanya hubungan diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.
Penghubung antara himpunan relasi dengan himpunan entitas dan himpunan entitas dengan atribut dinyatakan dalam bentuk garis.

Entity Relationship Diagram (ERD) Basis Data, ini sedikit materi mengenai ERD, sebelum anda belajar ERD lebih jauh, anda harus faham hal ini terlebih dahulu.. :)
ok… next time kita lanjut lagi ya tentang ERD, masih banyak materi lanjutan yang membajas tentang ERD :)