pengertian if dan else pada Php

pengertian if dan else pada Php, kemaren kita sudah belajar tentang array, saatnya kita melangkah ke materi berikutnya. kalau anda anak sekolahan.. xixixixi :) atau sering belajar tentang matematika ataupun yang berhubungan dengan logika pasti tidak asing lagi mendengar kata if dan else, cuman bagaimana pengertian if dan else pada Php . ini yang akan kita pelajari pada bagian ini. :)

IF
pengertian If adalah if berasal dari bahasa inggris yang berarti “jika” pasti tau semua yaaa… :D. terus kalau di PHP fungsinya apa? sekarang kita lihat dalam contoh kalimat di bawah ini.

1. jika anda pengen pintar makanya belajar

dari kalimat di atas jika di buat program dalam PHP, bagaimana???
jika, anda sudah menguasai bahasa pemrogaman PHP hal ini sangatlah mudah, jika anda termasuk orang yang dimaukan untuk belajar, simak di bawah ini.

jika = IF
anda pengen pintar makanya belajar = sebuah pernyataan

contohnya dalam PHP bahasa PHP seperti ini.

<?php
$saya= "pintar";

if ($saya = "pintar") {
print ("anda memang rajin belajar");
}
?>

pada kode di atas hanya sebuah sample, biar anda mudah untuk memahaminya…. hasil dari kode diatas yang akan muncul.
“anda memang rajin belajar”

jangan tanya mengapa kok yang muncul itu??? sudah jelas karena yang di print itu..!!! percumah donk.. beloom brader…. kalau sudah ada iputan atau masukan nanti kita akan paham Ok,

ELSE

pengertian ELSE pada PHP adalah, else merupakan bagian dari IF yang mana jika pernyataan itu salah maka yang tampil akan pernyataan yang lain.
semisal dalam kalimat.
1. jika anda belajar maka anda akan pintar
2. jika anda bodoh, maka anda tidak pernah belajar

dalam 2 kalimat tersebuat bisa di nyatakan dalam sebuah program.

seperti contoh di bawah ini :

<?php
$saya = "belajar";

if ($saya == "belajar") {
print ("maka anda pintar!");
} else {
print ("Anda Bodoh, karena tidak belajar!");
}
?>

dari kode di atas sangat mudah di pahami kan, berarti jika anda jawab belajar, maka yang akan tampil kata ” Maka anda pintar.!, tapi sebaliknya jika anda tidak menjawab belajar maka yang akan tampil : ” anda bodoh, karena tidak belajar!.

mudah kan memahaminya, contoh2 ini anda bisa gunakan untuk beberapa program pertanyaan yang menggunakan bahasa PHP, aatau contoh2 yang lainnya. hehehe :D
good luck brader :)